Cara Memperbaiki Windows Explorer yang rusak

hi friend..

mungkin sering kesal karna tiba-tiba muncul Windows Explorer yang not responding atau rusak..

langsug aja dilihat apa sebenarnyayang terjadi dan bagaimana memperbaikinya..

Penyebab hilangnya Explorer.exe

    1. File Sistem rusak. Masalah ini dapat menyebabkan windows explorer hilang. Untuk mengatasi malah ini sobat bisa mengatasinya dengan menjalankan Scandisk untuk memperbaiki file yang rusak atau memori pada komputer sobat. Untuk menjalankan Scandisk, klik kanan ikon hard drive (“C” drive). Pilih pilihan menu, [Properties] dan kemudian klik menu tab [Tools] di bagian atas. Selanjutnya klik [Check Now] tombol menu untuk scan file-file komputer Anda untuk mengetahui kesalahan. Setelah diketahui, sekarang silakan lakukan REPAIR WINDOWS.
Cara Repair Windows Explorer.exe Error
  1. System Resources Not Available. Hal ini disebabkan adanya kesalahan aplikasi Explorer.exe. Dalam hal ini biasanya dikarena komputer sobat terlalu banyak program yang aktif pada waktu yang sama. Sekarang ini walaupun bandwidth komputer kecepatan tinggi, banyak pengguna komputer mengisi hard drive mereka dengan film dan musik dan tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah dengan hard drive space sehingga dapat menyebabkan error. Sebuah solusi yang sederhana, adalah untuk membebaskan ruang harddisk sampai setidaknya 50% jika ini telah menjadi penyebab kesalahan pada komputer sobat.
  2. Komputer terinfeksi Virus atau Malware . Sejumlah virus komputer yang aktif di Internet dapat memicu kesalahan aplikasi explorer.exe. Virus menghilangkan windows explorer.exe dalam upaya untuk mencegah penghapusan virus dari komputer sobat. Cara pencegahan terbaik adalah menjaga program komputer dan update antivirus yang terinstall pada komputer sobat. Jika saat ini komputer sobat masih terinfeksi, silakan restart PC dalam “Windows Safe Mode” dengan menekan “F8″ untuk masuk Safe Mode. Setelah masuk Safe Mode, silakan menjalankan update program anti-virus sobat diikuti dengan scan penuh untuk membasmi virus.
  3. Aplikasi Komputer tidak kompatibel/tidak cocok. Penyebab umum lainnya dari kesalahan ini adalah instalasi perangkat lunak komputer yang tidak kompatibel dengan versi Windows yang berjalan pada komputer sobat. Cara untuk mengetahui apakah masalah ini penyebabnya, silahkan sobat unistal/buang prongram yang sudah terinstal dikomputer sobat (jika yakin kalau penyebabnya adalah program yang baru diinstal).
  4. Windows Explorer lambat. Jika sobat memiliki program komputer yang harus menunggu lama untuk mengakses jaringan atau media portabel, ini juga dapat menyebabkan kesalahan aplikasi explorer.exe. Jika penyebabnya adalah sumber daya jaringan, maka Anda mungkin ingin menunggu sedikit dan mencoba lagi. Jika portable media seperti DVD atau CD, silakan eject disk dan coba lagi.

Langkah Perbaiki Explorer.exe

Untuk memperbaiki windows explorer yang rusak atau error, silahkan lakukan beberapa langkah berikut:

  1. Jalankan task manajer dan coba dulu untuk menjalankan explorer.exe. Jalankan task manajer dengan menekan tombol [CTRL + ALT + DEL] sampai terbuka jendela baru. Pilih tab [Aplication] dan klik [new task] > kemudian ketikkan “explorer.exe” lalu klik [OK]. Jika explorer.exe hilang kembali sesudah komputer restart maka lalukan INSTALL REPAIR. Silahkan baca : Mengatasi Taks Manger Yang didisable, untuk mengatasi yang tidak bisa.
  2. Cara lain adalah dengan repair windows dengan system restore untuk mengembalikan pada kondisi tanggal sebelumnya. Salah satu cara sistem restore adalah melalui jendela task manager klik [new task] > [browse] dan cari [C:Windows/system32/restore/rstrui.exe] > lalu klik [OK].
  3. Cara membuka program atau file. Dalam keadaan darurat jika sobat tidak melakukan perbaikan, sobat masih bisa membuka program atau file anda dengan cara. Buka task manager klik [new task] > [browse] > [cari program di C:program files, atau dimana file tersimpan] lalu klik [OK]. Jika anda gagal membuka file maka penyebab masalah ini adalah VIRUS.
  4. Scan computer menggunakan antivirus yang terupdate dan terbaik. Disarankan agar scan dijalankan pada “SAFE MODE”. Setelah pada kondisi safe mode > buka task manager > klik [new task] > [browse] > [C:program files/”antivirus yg anda install”] lalu klik [OK].
  5. Repair windows dengan menggunakan CD windows anda. Mohon maaf karena cara ini terlalu panjang tetapi merupakan jalan keluar teraman dan terbaik.
  6. Terakhir, kalau semuanya gagal, maka sobat bisa pakai repair windows paling mudah dan aman. yaitu dengan install ulang secara total windows sobat. Sobat bisa baca : Cara membuat installer windows 7 dengan USB

sumber yang kedua dengan cari ini:

Regedit bukanlah program yang tidak dapat rusak atau bermasalah. Kerusakan registry bisa disebabkan oleh virus atau hal lain. Registry merupakan komponen yang sangat penting bagi Windows, dengan mengubah beberapa bagian registry, kita bisa lebih mengoptimalkan kinerja komputer. Tetapi hal ini seringkali dimanfaatkan virus, dengan mengubah konfigurasi sehingga sering beberapa aplikasi atau setting tidak bisa diakses. Biasanya komputer yang sudah terifeksi virus, maka beberapa setting Windows memang tidak bisa diaktifkan, hal ini karena sistem Registry Windows sudah diubah oleh virus. Beberapa efek dari kerusakan atau diubahnya registry oleh virus adalah:

  1. Hilangnya Regedit
  2. Hilangnya Folder Option
  3. Hilangnya Run pada Start Menu

Berikut ini akan dibahas langkah-langkah memperbaiki registry yang bermasalah:

  1. Hilangnya Regedit, untuk memunculkan kembali caranya yaitu menggunakan program bantu untuk memperbaiki registry yang rusak. Berikut ini program-program yang dapat Anda gunakan dan lokasi downloadnya:

- Wise Registry Cleaner

http://www.wisecleaner.com/download.html

- Eusing Free Registry Cleaner

http://www.eusing.com/free_registry_cleaner/registry_cleaner.htm

- Free Window Registry Repair

http://www.download.cnet.com/Free-Window-Registry-Repair/3000-2086_4-10606555.html

- Glary Utilities

http://www.glarysoft.com

  1. Hilangnya Folder Option.

Cara untuk mengembalikan Folder Option yaitu:

- Buka program regedit dengan klik Start menu >> Run. Kemudian ketikan regedit, lalu klik OK. Masuk ke HKEY_CURRENT_USER >> Software >> Microsoft >> Windows >> CurrentVersion >> Policies >> Explorer. Kemudian pada jendela sebelah kanan periksa Value name NoFolderOption, lalu klik ganda dan ubah value datanya menjadi 0.

- Langkah berikutnya atau jika tidak ada NoFolderOption, yaitu masuk ke HKEY_LOKAL_MACHINE >> Software >> Microsoft >> Windows >> CurrentVersion >> Explorer >> Advanced >>>Folder. Masuk ke Hidden >> NOHIDDEN. Jika pada CheckedValue dan DefaultValue bukan bernilai 2 maka ubah menjadi 2. Lalu masuk ke Hidden >> SHOWALL. Jika pada CheckedValue tidak bernilai 1, maka ubah menjadi 1 dan DefaultValue bernilai 2. Kemudian tutuplah regedit.

- Langkah selanjutnya masuk menu Group Policies dengan cara klik Start menu >> Run. kemudian ketikan gpedit.msc. Pada halaman gpedit.msc klik menu User Configuration >> Administrative Templates >> Windows Componet >> Windows Explorer. Pada jendela sebelah kanan klik ganda Remove the Folder Option menu item from the tools, lalu tandai not configured >>> apply. Kemudian klik OK. Jika sudah tutup Group Policies kemudian restart komputer Anda. Setelah restart maka Folder Option akan terlihat seperti semula.

  1. Hilangnya ‘Run’ Pada Start Menu

Untuk mengembalikan ‘Run’ pada start menu langkahnya sebagai berikut:

- Buka program regedit dengan klik Start menu >> Run. Kemudian ketikan regedit, lalu klik OK. Pada program Registry Editor, klik Edit >> Find.

- Selanjutnya pada kotak dialog ‘Find’ ketikkan ‘NoRun’, kemudian klik tombol Find Next.

- Selanjutnya proses pencarian, bila sudah ketemu akan terlihat NoRun.

- Lihatlah pada data NoRun, jika dalam kurung angka 1 (bukan 0) maka klik ganda NoRun, lalu ganti value datanya menjadi 0. Setelah itu lakukan restart.

Langkah mengatasi registry bermasalah dengan bantuan software

Cara cepat mengatasi registry yang bermasalah yaitu dengan program bantu. Beberapa program gratis (freeware) yang dapat digunakan untuk memperbaiki registry Windows adalah:

- Wise Registry Cleaner

http://www.wisecleaner.com/download.html

- Eusing Free Registry Cleaner

http://www.eusing.com/free_registry_cleaner/registry_cleaner.htm

- Free Window Registry Repair

http://www.download.cnet.com/Free-Window-Registry-Repair/3000-2086_4-10606555.html

- Glary Utilities

http://www.glarysoft.com

semoga yang saya tulis ini bermanfaat … :)

source :

http://sandydoank12.blogspot.com/2012/01/cara-repair-windows-explorerexe-error.html#.UMWXAXLwDR0

http://pduwi.blogspot.com/2011/05/trik-memperbaiki-registry-windows-yang.html

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: